Sabtu, 15 September 2012

Keputihan .....

Keputihan adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi ataupun peradangan pada alat kelamin yang pada umumnya dialami oleh wanita. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti bakteri, virus dan bisa juga disebabkan oleh pengaruh bahan kimia cair ataupun krim yang biasa digunakan di sekitar area kewanitaan. Pada beberpa kasus, penyakit ini dapat disebabkan karena organisme yang ditularkan oleh pasangan pada saat hubungan seksual.
keputihan
keputihan
Alat kelamin wanita selalu menghasilkan cairan bening dan tidak berbau. Ini merupakan kondisi normal selama siklus menstruasi. Jumlah cairan yang dihasilkan bervariasi pada setiap wanita. Ada yang hanya mengeluarkan sedikit cairan yang sangat cair, dan ada yang mengeluarkan banyak caira dan mengental. Ini adalah sesuatu yang normal. Yang menjadi masalah adalah apabila cairan tersebut memiliki bau yang tidak sedap.
Biasanya ketidak normalan ini disertai dengan kulit yang meleuh ataupun gatal. gatal ini bisa semakin menjadi dari hari ke hari. Tetapi  tidak semua mengalami gatal, meski hanya pada sebagian kecil kasus. Cairan yang tidak normal juga ditunjukkan dengan warnanya. Warnanya menjadi kekuningan hingga kehijauan. Keputihan terkadang menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil.

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan beragam, yaitu:
Bakteri.
Keputihan yang disebabkan oleh bakteri biasaya terjadi pada beberapa kondisi seperti selama kehamilan, penggunaan KB spiral dan akibat melakukan hubungan seksual dengan beberapa pasangan yang berbeda. Kondisi tersebut mengakibatkan ketidak seimbangan flora alami di dalam vagina, sehingga bakteri jahat tumbuh lebih banyak. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri Gardnerella disebut bacterial vaginosis. Setidaknya 50% penderita jenis ini tidak menunjukkan gejala yang berarti. Sebagian penderit yang lain yang juga disebabkan karena bakteri, menunjukkan gejala keluarnya cairan encer, berwarna putih keabu-abuan dan berbau amis. Jika terjadi iritasi di area vagina yang disebabkan karena gatal, bisa jadi disebabkan oleh Candida albicans atau Trichomonas vaginalis.
Infeksi Jamur.
Jamur yang pada umumnya menginfeksi adalah candida albicans. Ini biasanya dipicu oleh faktor eksternal maupun kondisi internal tubuh, seperti kehamilan, kelebihan berat badan, konsumsi pil KB, menderita diabetes, sistem kekebalan tubuh yang menurun, kondisi iklim yang panas dan lembab,  serta konsumsi beberapa jenis obat seperti steroid dan antibiotik.
Gejala yang muncul biasanya keluar cairan berwarna seperti krim disertai bau yang mengganggu dan menyebabkan gatal yang parah pada bagian vulva dan sekitarnya. Tetapi dari semua gejala tersebut, gatal merupakan gejala yang mendominasi. Jamur Candida sangat menyukai keberadaan gula. Dia akan tumbuh tidak terkendali apabila kadar gula dalam darah terus meningkat dan terjadi ketidak seimbangan hormonal yang memicu peningkatan kadar gula dalam darah.
Parasit.
Infeksi parasit Trichomonas vaginalis merupakan penyakit kelamin klasik yang diakibatakn karena penularan setelah hubungan seksual. Selain melalui hubungan seksual, penyakit ini dapat ditularkan melalui penggunaan toilet umum  maupun tempat duduk toilet yang telah terkontaminasi parasit tersebut. Infeksi ini menyebabkan keputihan berwarna putih kekuningan hingga kehijauan. Cairan menjadi kentak, berbusa dan menimbulkan bau. Terkadangan parasit ini menyebabkan gatal dan iritasi pada organ intim.
Virus.
Keputihan yang disebabkan karena infeksi virus biasanya disebabkan karena penularanpenyakit kelamin selama berhubungan seksual. Virus-virus itu antara lain Condyloma, Herpes dan HIV/AIDS. Infeksi Condyloma ditandai dengan tumbuhnya kutil yang banyak dan keluarnya cairan berbau. Penyakit akibat infeksi virus ini sering terjadi pada wanita hamil. virus Herpes menyebabkan luka melepuh disekitar vagina dan gatal. Cairan yang dikeluarkan agak panas. Gejala-gejala yang disebabkan karena infeksi virus dapat menjadi faktor pemicu kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar