Selasa, 06 November 2012

Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi mungkin hal yang sering di alami dan bahkan bisa terjadi setiap hari, tetapi sering ibu-ibu bingung apa yang harus di lakukan ketika bayi cegukan.
Cegukan adalah salah satu gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma.
Struktur otot ini akan terganggu fungsinya jika ada sesuatu yang menghambat proses ini baik dari faktor eksternal ataupun internal.

Penyebab cegukan ada beberapa hal :
Cegukan terjadi karena ada rangsangan pada diafragma, yakni penyekat antara rongga perut dengan rongga dada. Ini akibat adanya udara dalam lambung. Sebetulnya hal ini biasanya dialami bayi yang minum susu dari botol karena ada udara yang ikut terhisap bayi.Diafragma memainkan peran utama dalam perjalanan respirasi dan proses metabolisme. Diafragma menarik dan mendorong secara teratur yang mengatur masuk dan keluarnya udara selama proses respirasi.
Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, biasanya jarang sekali terjadi cegukan. Karena seharusnya tidak ada udara yang masuk ke dalam lambung.
Kalau anak Anda yang dapat ASI eksklusif cegukan, mungkin karena cara menyusui yang kurang benar. Misalnya, pada waktu menyusui, puting kurang masuk ke mulut bayi atau posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Serta perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu sehingga ada udara yang masuk terisap.
Jadi, cegukan dapat dihindari dengan cara menyusui yang benar dan menyendawakan bayi setelah disusui. Begitu pula menghentikannya, dapat dengan cara menyusuinya. Atau dapat pula dengan menelungkupkan bayi dipangkuan Anda lalu mengelus punggungnya dari bokong ke arah kepala.
Selain itu penurunan suhu yang dapat menyebabkan seorang bayi kedinginan juga bisa memicu cegukan
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu menghilangkan atau mencegah cegukan pada bayi, yaitu:
1. Selalu memonitor bayi saat menyusui untuk memastikan bahwa ia minum secara perlahan-lahan.
2. Bayi yang sering bersendawa saat menyusui adalah cara yang efektif untuk menghentikan cegukan.
3. Mengubah posisi menyusui dan mencoba menenangkannya.
4. Memastikan bahwa ibu menyusui atau memberi makan bayinya dalam keadaan tenang dan tidak terlalu bersemangat.
5. Jika bayi cegukan saat minum atau makan, maka cobalah untuk menepuk-nepuk bayi pelan-pelan dan membiarkannya rileks dulu sebelum menyusui lagi.

.... sumber : rahasia keluarga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar